Fungsi Adobe AIR

Bagi web developer, mengembangkan aplikasi web dengan Adobe AIR bisa jadi belum begitu populer dibandingkan platform lain seperti PHP, Java, VB.Net dan sebagainya. Bahkan bisa dibilang programmer yang tahu tentang Adobe AIR ini prosentasenya masih lebih kecil dibandingkan dengan yang belum mengetahuinya. Hal ini bisa dimaklumi mengingat Adobe AIR sendiri baru dirilis sekitar awal tahun 2008.

Apa itu Adobe AIR?

Adobe AIR adalah cross-platform runtime system yang memungkinkan web developer untuk mengembangkan dan menjalankan RIA (Rich Internet Application) layaknya aplikasi desktop. Istilah AIR sendiri merupakan singkatan dari Adobe Integrated Runtime.

Dengan Adobe AIR web developer bisa membangun aplikasi desktop dengan HTML, JavaScript, Flex dan Flash. Berbeda dengan aplikasi web pada umumnya, aplikasi AIR ini di-install pada desktop dan bisa beroperasi secara offline. Karakteristiknya hampir sama dengan aplikasi desktop biasa.
Aplikasi AIR memiliki kemampuan untuk mengakses data yang tersimpan pada komputer lokal. Jadi dengan kata lain AIR bisa menyimpan, membuka, dan mengedit data atau informasi pada komputer client. Ini yang membedakannya dengan aplikasi web biasa yang berjalan di browser.
Contoh aplikasi yang dikembangkan dengan Adobe AIR yaitu eBay Desktop yang memungkinkan user untuk melakukan transaksi di situs eBay melalui aplikasi desktop tanpa harus selalu terhubung dengan Internet.

Mungkin banyak yang bingung, sebenarnya Adobe AIR itu aplikasi web atau desktop? Susah untuk menjawabnya. Kenapa demikian? Karena karakteristik aplikasi AIR ini cukup unik, yaitu berjalan di desktop tapi dikembangkan dengan bahasa pemrograman web.

Apakah kita memerlukan browser untuk menjalankan aplikasi AIR? Tidak perlu. Seperti yang telah dijelaskan di atas, aplikasi AIR ini bisa dijalankan seperti halnya aplikasi desktop lainnya.

Ya, bisa dibilang aplikasi AIR merupakan kombinasi dari aplikasi web dan desktop, hibrid istilah kerennya. Jadi bingung kan?

Sumber http://www.sorsawo.com/

{ 2 komentar... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

:106

Anonim mengatakan...

ane masih bingung :106

:100 :101 :102 :103 :104
:105 :106 :107 :108 :109
:110 :111 :112 :113 :114
:115 :116 :117 :118 :119
:120 :121 :122 :123 :124

Poskan Komentar

Anda bisa menggunakan Emotion dengan memasukkan kode di atas, pisah antara teks dengan kode Emotion dengan menggunakan SPASI