Microsoft Umumkan Windows 8 [video]


Microsoft melalui acara konferensi D9 yang dilakukan di Amerika Serikat kemarin memberikan sedikit gambaran mengenai sistem operasi terbaru miliknya yaitu Windows 8. Steven Sinofsky memberikan gambaran awal dari sistem operasi yang merupakan kolaborasi dari dua sistem operasi Microsoft sebelumnya yaitu Windows 7 dan Windows Phone 7.

Tujuan utama dari sistem operasi baru ini adalah membuat sistem operasi yang sama baiknya ketika digunakan pada tablet dengan layar 8 inci maupun pada komputer canggih yang dipasangi monitor besar. Hal ini tidak bisa ditawar lagi dan sangat penting bagi Microsoft, demikian dikatakan Steven Sinofsky.

Perubahan utama tampak terlihat dari antarmuka baru di layar awal yang mengambil dasar dari antarmuka Metro UI yang dipasang di Windows Phone 7. Semua program bisa dilihat dan ditata dengan menggunakan sentuhan jari.

Windows 8 pada dasarnya mendukung dua jenis aplikasi yaitu sistem klasik seperti pada Windows 7 dan aplikasi tipe kedua yang ditulis dalam bentuk HTML5 dan JavaScript sehingga menyerupai aplikasi pada perangkat mobile/bergerak dan memenuhi layar. Salah satu aplikasi yang menjadi bagian utama Windows 8 adalah Internet Explorer 10 yang juga dikonfigurasikan untuk berjalan dalam mode ini. Aplikasi ini memiliki beberapa widget aplikasi seperti saham, cuaca, dan sebagainya. Meski belum ada penjelasan detail namun dari layar depan ini dapat dilihat ada tautan ke toko (aplikasi) yang kemungkinan mencontoh kesuksesan Apple dengan App Store.


Navigasi bisa dilakukan dengan memakai papan ketik, seperti tombol PgUp dan PgDn yang bisa menavigasi antarmuka ke kiri dan ke kanan seperti pada Windows Phone 7. Microsoft juga menunjukkan bahwa antarmuka ini bisa berjalan beriringan dengan shell Windows konvensional. Demo ini juga menampilkan cara baru mengatur berkas dengan interaksi sentuhan, meskipun juga terlihat adanya ribbon UI yang menjadi andalan di aplikasi berbasis Windows saat ini.

Demo ini juga menampilkan dukungan USB bagi perangkat berbasis chip ARM. Internet Explorer 10 untuk tablet juga ditunjukkan termasuk manajemen tabulasi yang mirip dengan di Windows Phone 7. Microsoft juga menekankan bahwa satu versi Windows akan bisa berjalan di semua perangkat gadget yang ada.

Kebutuhan perangkat keras untuk sistem operasi ini nampaknya tetap diatur oleh Microsoft. Mereka mengatakan bahwa sistem ini akan terintegrasi secara dekat antara perangkat keras dan lunaknya seperti Windows Phone 7. Tablet misalnya, disyaratkan memiliki resolusi minimum 1024x768 piksel meski disarankan pada resolusi 366x768 piksel untuk memperoleh pengalaman terbaik.



Microsoft menjadwalkan bulan September sebagai waktu pembuatan sistem ini secara utuh dimana semua hal tentang Windows 8 akan dijelaskan lebih detail nantinya. Apakah sistem ini akan bisa berkompetisi dengan iOS, Android, dan sistem operasi modern lainnya?

via engadget

{ 0 komentar... read them below or add one }

:100 :101 :102 :103 :104
:105 :106 :107 :108 :109
:110 :111 :112 :113 :114
:115 :116 :117 :118 :119
:120 :121 :122 :123 :124

Posting Komentar

Anda bisa menggunakan Emotion dengan memasukkan kode di atas, pisah antara teks dengan kode Emotion dengan menggunakan SPASI